salah = belajar

Uuurrgghhh!! Malam ini lagi-lagi susah tidur 😦 Lagi bolak-balik berusaha tidur, sebuah kenangan terlintas di pikiran saya. Kenangan saat saya ngobrol dengan ex-atasan ketika dihadapkan pada sebuah hal yg baru. Sudah bertahun-tahun yang lalu…

Ex-Bos : “Jadi, apa yg kamu takutkan?”
Saya : “Saya takut melakukan kesalahan.”
Ex-Bos tersenyum dan berkata : “Salah itu perlu, karena salah membuat kamu belajar. Jangan pernah takut membuat kesalahan. Semakin banyak salah, semakin banyak kamu belajar.”

Banyak kesalahan yg saya lakukan dalam hidup ini. Apa saya menyesal pernah melakukan kesalahan-kesalahan itu? Hei, saya manusia biasa bukan malaikat. Bohong kalau saya bilang tidak ada kesalahan yg saya sesali. Semua kesalahan pernah saya sesali! SEMUANYA!!

Saya bilang ‘pernah saya sesali’, karena menurut saya penyesalan atas sebuah kesalahan tidak perlu dilakukan terus-menerus-entah-kapan-kesudahannya 😛  Sebab saya mengerti, kesalahan membuat saya belajar. Hmmm, dan saya masih harus banyak belajar…